Minggu, 26 Desember 2010

Bayi Tabung Pertama di Dunia Genap Berusia 30 Tahun ( in 2008 )

KELAHIRAN Louise Brown, bayi pertama hasil kreasi metode IVF (in vitro fertilization), menggemparkan seluruh dunia tiga dekade lalu. Namun, Brown yang kini sudah menikah dan memiliki satu anak akan merayakan hari ulang tahunnya ke-30 pada Jumat besok dengan cara yang sangat sederhana.

Brown—yang tinggal di kota Bristol, Inggris, bersama suaminya, Wesley Mullinder, dan anak lelakinya, Cameron (2)—kini bekerja sebagai staf administrasi di perusahaan jasa pengiriman. Ia masih saja menjadi sorotan publik meskipun kehidupannya terbilang biasa-biasa saja.

Kendati kelahirannya membuka pintu bagi jutaan pasangan infertil di seluruh dunia untuk dapat memiliki anak dan melahirkan melalui metode in vitro atau test tube, Brown tidak punya rencana besar untuk merayakan tanggal kehirannya yang bersejarah.

“Saya tidak memikirkannya sebagai hari saya yang ke-30 tahun. Saya hanya menganggapnya sebagai hari ulang tahun biasa. Saya mungkin akan pergi bersama teman atau keluarga. Saya berencana untuk merayakannya secara diam-diam saja,” ujarnya

Louise Joy Brown lahir pada 25 Juli 1978 di Oldham and District General Hospital melalui bedah caesar dengan berat 2,61 kilogram. Orangtuanya, Lesley dan John Brown, sudah berikhtiar selama sembilan tahun untuk memiliki keturunan, tapi selalu gagal karena ada penyumbatan pada tuba falopi Lesley.

Harapan bagi pasangan itu kemudian mulai muncul ketika mereka mendengar suatu riset yang dikembangkan ilmuwan di Cambridge University, yakni ahli fisiologis Robert Edwards dan ginekolog Patrick Steptoe.

Lesley dan John kemudian sepakat menjalani terapi kesuburan. Para ahli lalu menciptakan embrio di laboratorium yang merupakan hasil pembuahan sel telur dan sperma pasangan tersebut. Embrio itu kemudian ditanamkan dalam rahim Lesley Brown dan berkembang secara normal hingga lahirlah Louise.

Menurut Louise, kedua orangtuanya baru mengungkap rahasia tentang kehamilan di luar kebiasaan itu sebelum ia memasuki usia sekolah. “Ibu dan ayah menunjukkan suatu video proses kelahiran saya dan mencoba menerangkannya ketika saya berusia empat tahun,” terangnya.

Louise menegaskan bahwa sebagai bayi tabung ia melewati masa kanak-kanak secara normal seperti halnya anak-anak lain di dunia. Ia pun bukan sosok aneh di keluarganya karena empat tahun berikutnya sang ibu melahirkan Natalie, saudara perempuan Louise yang juga lahir lewat prosedur IVF, dan merupakan bayi tabung ke-40 di dunia.

Menginjak dewasa, Louise Brown kemudian menikahi Mullinder, pekerja klub malam pada 2004. Hasil pernikahan mereka berbuah manis dengan lahirnya seorang bayi pada 2006 setelah melalui proses kehamilan alami.



0 komentar:

Posting Komentar